Written by dhila 0 komentar Posted in:

Pernahkah anda memperhatikan permukaan vertikal layar televisi anda sangat berdebu?mengapa peristiwa ni dapat terjadi?
Sebuah layar televisi secara konstan ditembaki oleh elektron-elektron yang dihasilkan oleh bedil elektron. Sebagai hasilnya layar televisi menjadi bermuatan negatif. Muatan negatif ini akan mempolarisasi partikel-partikel debu dalam udara di depan kaca. Ini menghasilkan gaya tarikan pada partikel-partikel debu, sehingga debu menempel di layar televisi anda.

Hal yang sama juga terjadi pada sebuah sisir plastik yang anda gosokkan ke rambut anda (dalam keadaan kering) secara berulang, sisir tersebut akan dapat menarik potongan-potongan kertas kecil.
Hal ini dapat terjadi karena setelah digosokkan ke rambut, sisir menjadi bermuatan listrik,sehingga dapat menerik potongan kertas tersebut.
Bagaimanakan sisir tersebut dapat memiliki muatan listrik?
Ketika sisir plastik digosokkan pada rambut, maka elektron-elektron yang terdapat pada rambut akan berpindah ke sisir plastik.Sehingga sisir plastik kelebihan elektron dan menjadi bermuatan negatif. Kertas yang ditarik oleh sisir plastik tersebut memiliki muatan positif, sehingga antara kertas dan sisir akan saling taring menarik.

0 komentar:

Posting Komentar